Mengupas Tentang Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile

 Perkembangan aplikasi mobile di mulai sejak adanya sistem operasi device yang pertama kali yaitu system OS pada tahun 1998. Kemudian oleh blackberry sejak tahun 2004 silam IOS sejak tahun 2007, android sejak tahun 2009 serta windows phone sejak tahun 2010. Sedangkan aplikasi mobile yang pertama kali di manfaatkan oleh berbagai perangkat mobile device agar bisa tetap terhubung yaitu web browser. Yang paling sering di gunakan oleh web browser yaitu operamini.

Perkembangan aplikasi mobile secara langsung di mulai pada saat datangnya smartphone blackberry. Dengan ini diwarnai dengan berbagai aplikasi yang telah diciptakannya bbm atau blackberry messanger yang sangat terkenal sewaktu itu. Pada saat smartphone telah berkembang, bisnis aplikasi mobile ikut berkembang juga seperti bermacam aplikasi yang lain juga, yaitu: aplikasi Store App World yang menyangkut blackberry, App Store yang menyangkut Apple, Play Store yang menyangkut Android serta Store yang menyangkut Windows.

Nah sekarang mari lihat penjelasan tentang perkembangan aplikasi mobile pada tahun 2011 hingga tahun 2018.

1. Pada tahun 2011

Sejak tahun 2018 ini, mengharap kepada yang menciptakan  aplikasi mobile ini selalu meningkat. Dari aplikasi multimedia, hingga game. Aplikasi yang saat itu yang lagi booming yaitu aplikasi yang dapat menggabungkan teknologi web dengan teknologi mobile. Contohnya yaitu aplikasi med-sos seperti facebook, twitter, gmaps, dan lain-lainnya.

2. Pada tahun 2013

  • Pada tahun pertama 2013

Sangat trend pengembangan  aplikasi mobile yang menuju lebih kea rah game, contohnya angry bird rio, temple run, onet, poulavengers, dan yang lainnya banyak sekali game-game yang seru lainnya. IOS sudah melewati jumlah pengeluaran yang telah terjadi pada game yang sebanding dengan game yang telah di optimal untuk handheld.

  • Pada tahun kedua 2013

Pada tahun kedua ini, kesempatan google play yang sudah mengejar game-game handheld itu. Google play bisa mengalahkan serta memperebutkan perhatian dan pasar game handheld yang menyangkut IOS.

  • Pada tahun ketiga 2013

Pada tahun 2013 terakhir, kaitan antara google pali serta iOS sudah melewati game-game yang sudah di optimal untuk handheld sebanyak 3 kali lipat.

Selain game, pada tahun 2013 ialah waktu penyerbuan aplikasi yang bertukar pesan yang sangat besar. Selain namanya yang besar yang banyak di kenal dengan berbagai macam aplikasi, yaitu: whatsApp serta skype, telah ada permainan yang baru yang telah  sukses merampas peta komunikasi di negara Indonesia yaitu line, kakao-talk, serta wechat. Mereka tak hanya ada sebagai aplikasi bertukar pesan saja, tetapi banyak sekali yang telah memperjuangkan menjadi sebagai platform serta mereka sukses meng-generate revenue besar dari sana.

Platform itu dapat di jadikan sebagai media pengiriman untuk game, music, buku dan lain sebagainya. Selain game serta aplikasi yang saling bertukar pesan, pada tahun 2013 sangat terkenal aplikasi media social yang sangat focus pada foto serta video yang sangat terkenal telah mulai mengejar aplikasi social media yang tradisional, contohnya tadi yaitu facebook. Dua aplikasi yang sangat populer pada tahun 2013 yaitu vine, serta snapchat. Tidak hanya itu, aplikasi untuk editing social media yang berbasis foto serta video sudah menjadi terkenal pada tahun 2013 yang di gunakan yaitu camera360.

3. Pada tahun 2016

Sejak tahun 2016 aplikasi mobile yang telah terkenal yaitu aplikasi yang telah menerapkan berbagi fitur virtual reality atau VR serta augmented reality atau AR contohnya aplikasi cardboard, vrse, fulldive, VR serta VaR’s VR Video Player. Ke empat aplikasi tersebut merupakan sebagian banyak yang mirip dengan aplikasi yang telah ada di pasaran. Berbagai aplikasi penawaran jalan untuk merasakan virtual reality tersendiri yang telah di tawarkan pada pengguna, contohnya aplikasi virtual reality dengan menggunakan genre horror atau dengan menggunakan tema film yang berkaitan sebagai bagian memperkenalkan film tersebut.

4. Pada tahun 2017

Pada tahun ini, warga masyarakat sangat suka membagi data personal pada waktu kemajuan internet yang sangat cepat. Aplikasi mobile yang telah ada lebih kea rah marketing contohnya menggunakan teknologi GPS serta real time, aplikasi big data, serta aplikasi yang telah menyasar pada segmen atau pasar, contohnya saja ada di Indonesia yaitu salah satunya gojek, tokpedia, lazada, dan banyak yang lainnya. Aplikasi itu bisa menarik hati warga masyarakat kaerna di nilai berguna untuk dapat membantu memenuhi keperluan sehari-hari, serta dapat meringankan beban masing-masing.

Seluruh kemajuan aplikasi mobile yang telah di uraikan di atas tadi, dari bentuk aplikasi apapun yang telah berkembang serta telah menjadi populer bagi yang menggunakannya. Tetapi dari bentuk developer, riset kemajuan aplikasi mobile sejak tahun 2015 yang dapat di lakukan oleh contractiQ antara lain:

  • Android, ios, serta cross platform ialah bidang yang penting yang banyak di gunakan oleh setiap developer mobile di mana sendiri dapat menghasilkan persentase yang cukup besar yaitu 26, 25 serta 20 %
  • 50 % pelanggan developer aplikasi mobile yang berasal dari diri sendiri yang mempunyai ide agar sebuah aplikasi dan startup. 77 % kantor yang di antaranya percaya ada keperluan akan aplikasi mobile terhadap startup dapat lebih kuat.
  • 75 % kantor developer aplikasi mobile yang banyak merasa jika banyak aplikasi mobile yang cukup baik apabila di lihat dari bentuk ekonomi serta akan dapat selalu berkembang.

Semua perkembangan aplikasi mobile dari tahun ke tahun akan semakin berkembang dan semakin canggih yang dapat membantu kebutuhan setiap manusia, tidak mungkin tahun setelahnya setiap kemajuan aplikasi mobile sedang berkejar-kejaran dalam menciptakan sebuah aplikasi mobile yang akan semakin  canggih.

sumber: ((garudacyber.co.id))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Figma? (Dan Cara Menggunakan Figma untuk Pemula)

What is Native , Hybrid, and Web in programming ?